Pengenalan sistem politik indonesia

politik indonesia РDengan negara hukum, Indonesia menmpati hukum untuk dasar kekuasaan negara dan penyelenggaraa kekuasaan ini dalam angka bentuknya dilakukan dibawah kekuasaan hukum (A. Harmid, 1992)Dalam perihal ini landasan dasar kekuasaan Indonesia yang dimaksud adalah pancasila dan UUD 1945.Sejalur bersama dasar kekuasaan negara tersebu, Indonesia juga mempunyai sistem politik yang mengatur hubungan dan fungsi antar elemen dalam tata negara agar bisa terpaicainya tujuan nasional bangsa cita cita.

Apa yang dimaksud Sistem Politik?

Sitem politik yaitu berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur dan fungsi yang akan bekerja di dalam satu unit atau persatuan(Masyarakt/negara).Sistem politik merupakan kumpulan argumen untuk membentuk kesatuan yang berkaitan satu sama lain untuk nmengatur pemerintah dengan melaksakan dan mempertahankan kekuasaan serta cara mengatur pribadi atau kelompok pribadi satu sama lain atau dengan Negara dan hubungan diantara dengan negara – negara.

Lantas, bagaimana dengan sistem politik berada di indonesia? Sistem politik indonesia sendiri bisa diartikan sebagai kelompok berbagai kegiatan dalam negara indonesia yang berhubungann dengan kepentingan masyarakat termasuk proses penentuan tujuan, kegiatan mewujudkan tujuan, terpengaruh oleh nilai budaya indonesia yang memiliki sifat turun – temurun lalu juga mengumpulkan nilai adat beserta dengan budaya luar yang positif bagi politik indonesia secara keseluruhan.

BACA JUGA : Industri 4.0 Berkembang mendorong Kekuatan Ekonomi Indonesia

Dari kemajuannya, sistem politik indonesia mengalami banyak sekali perubahan setelah amandemen UUD 1945. Dari itu, yuk kita lihat perkembangan sistem politik indonesia dalam periode sebelum lalu sesudah amandemen UUD 1945.

Sistem Politik Sebelum Amandemen UUD 1945

Dalam periode ini, Sistem politik indonesia mempengaruhi 7 kunci sistem ketatanegaraan indonesia adalah:

  1. Kekuasaan pemimpin negara yang tidak terbatas
  2. Menteri negara merupakan pembantu presiden dan tidak bertanggung jawab pada Dewan Perwakilan Rakyat
  3. President tidak bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat.
  4. Presiden merupakan penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi dibawah majelis perwakilan rakyat
  5. Kekuasaan tertinggi ditangan majelis perwakilan rakyat
  6. Sistem konstitusional
  7. Indonesia merupakan negara yang didasar hukum

berdasarkan 7 kunci tersebut, kita daftar sbobet bisa melihat bahwa indonesia sebagai negara persatuan yang merupakan republik mempunyai kedaulatan yang ada ditangan rakyat dan sepenuhnya dijalani oleh MPR.Lalu, sistem pemerintah yang teranut dalam periode ini merupakan sistem pemerintahan, yang berarti presiden berposisi sebagai kepala negara dan kepala pemerintah.UUD 1945 sebagai konstitusi negara indonesia diatur posisi dan tanggung jawab penyelenggaraan negara, kewenangan, tegas, hubungan diantara lembaga negara, bersama mengatur hak negara dan kewajibannya.